Faktor yang Melatarbelakangi Terjadinya Peristiwa Bandung Lautan Api Adalah

 Peristiwa Bandung Lautan Api memang menjadi salah satu peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia. Salah satu faktor yang melatarbelakangi terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api adalah kedatangan pasukan Sekutu ke Indonesia.

Faktor yang Melatarbelakangi Terjadinya Peristiwa Bandung Lautan Api Adalah

Peristiwa yang terjadi pada 23 Maret 1946 ini menjadi simbol perjuangan rakyat Indonesia untuk mempertahankan Indonesia. Untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Faktor yang Melatarbelakangi Terjadinya Peristiwa Bandung Lautan Api Adalah

Setelah kemerdekaan Indonesia, kondisi Indonesia dalam hal keamanan dan pertahanan negara memang masih belum stabil termasuk di daerah Bandung. Nah, berikut ini beberapa hal yang menjadi latar belakang terjadinya Bandung Lautan Api.

1. Kedatangan Pasukan Sekutu

Salah satu faktor penyebab terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api yaitu kedatangan Sekutu ke Indonesia pada tanggal 12 Oktober 1945 di bawah pimpinan Brigade MacDonald. 

Ketika hubungan pemerintah RI setempat memanas, Sekutu justru datang meminta senjata api milik penduduk, kecuali milik TNI dan Polri. Hal ini tentunya menimbulkan gesekan antara masyarakat Bandung dan Sekutu yang membuat situasi di Bandung menjadi memanas.

2. Kekacauan Keamanan

Situasi di Bandung semakin memanas ketika orang-orang Belanda baru saja bebas dari kamp tahanan yang menimbulkan kekacauan. Hal inilah yang memicu terjadinya bentrokan antara TKR dengan tentara Sekutu. 

Pada 24 November 1945 malam, TKR bersama dengan badan-badan perjuangan lainnya melancarkan aksi penyerangan ke markas-markas Sekutu yang ada di Bandung bagian Utara, tak terkecuali Hotel Preanger dan Hotel Homan yang menjadi markas besar pasukan Sekutu. 

3. Ultimatum MacDonald

Tiga hari setelah aksi penyerangan ke markas Sekutu, pemimpin Sekutu yaitu MacDonald mengutarakan ultimatumnya kepada Gubernur Jawa Barat untuk segera mengosongkan Bandung Utara. 

Ultimatum tersebut harus dilaksanakan paling lambat tanggal 29 November 1945 pukul 12.00 WIB. Sekutu membagi kota Bandung Utara dan Selatan di mana Bandung Utara adalah wilayah kekuasaannya dan Bandung Selatan adalah wilayah kekuasaan pemerintah Indonesia.

Meski sudah ada ultimatum tersebut, pemerintah Indonesia tidak menyerah dan mendirikan pos gerilya di beberapa titik.

4. Direbutnya Balai Besar Kereta Api

Faktor yang melatarbelakangi terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api adalah direbutnya Balai Besar Kereta Api oleh Sekutu, meskipun usaha tersebut gagal. Pasukan Sekutu juga berusaha untuk membebaskan interniran Belanda (orang yang diasingkan) yang berada di Ciater.

Tidak hanya itu saja, Sekutu juga terlibat dalam pertempuran dengan pasukan Indonesia yang terjadi di wilayah Lengkong Besar. Pertempuran ini makin memanas dan menyebar secara sporadis hingga awal tahun 1946.

Serangan-serangan sporadis yang yang dilakukan oleh pasukan Indonesia dan sulitnya mencari penyelesaian di tingkat daerah membuat Sekutu merasa semakin terdesak. Sekutu mencoba melakukan pendekatan dengan para petinggi pemerintah RI.

5. Ultimatum MacDonald Kedua

Faktor lain penyebab terjadinya Bandung Lautan Api adalah adanya ultimatum kedua dari Sekutu kepada Perdana Menteri Syahrir pada 23 Maret 1946. Sekutu meminta pasukan Indonesia untuk meninggalkan Bandung Selatan selambat-lambatnya pada 24 Maret 1946 pukul 00.00 WIB. 

Karena tidak memungkinkan untuk memindahkan ribuan pasukan, pasukan Indonesia meminta perpanjangan batas waktu ultimatum. Demi keselamatan Tentara Republik Indonesia (TRI), Perdana Menteri Syahrir mendesak Nasution untuk memenuhi ultimatum Sekutu. 

Menurut pendapat Syahrir, pasukan Indonesia belum mampu menandingi kekuatan dari Sekutu. Di keesokan harinya, Nasution kembali melakukan negosiasi berkaitan penundan ultimatum, namun ditolak oleh pihak Sekutu. 

Nasution dan para Komandan TRI melakukan sebuah pertemuan dengan aparat pemerintah dan pemimpin laskar. Mereka sepakat untuk membakar seluruh Bandung mulai pukul 21.00 dengan meledakkan Gedung Bank Rakyat. 

Pembakaran disusul di beberapa tempat seperti Cicadas, Banceuy, Tegalega, dan Braga. Tepat pada 24 Maret 1946 malam, seluruh rakyat beserta pasukan bersenjata memutuskan meninggalkan Bandung. 

Faktor yang melatarbelakangi terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api adalah untuk membebaskan rakyat Bandung dari kekuasaan Sekutu. Dengan adanya peristiwa bersejarah ini, rakyat Indonesia bertekad dan bersatu untuk terus mempertahankan kemerdekaan. 

Baca Juga :

Postingan populer dari blog ini

Orang yang Mengarang Puisi Disebut Apa dan Bagaimana Tipsnya?

Orang yang Diwawancarai Disebut Apa Dalam Dunia Kerja?

Orang yang Membuat Benda-Benda Kerajinan Disebut?

Resep dan Cara Buat Roti Pisang, Mudah dan Lezat!

Resep Nasi Goreng Rumahan 1 Porsi