Sekelompok Orang yang Hidup Berkelana

 Pada umumnya, orang-orang yang sering berkelana ke berbagai tempat akan disebut sebagai seorang pengelana. Selain itu, Sekelompok orang yang hidup berkelana juga bisa disebut sebagai nomad atau orang yang memiliki cara hidup nomaden. Apa itu nomaden?

Sekelompok orang yang hidup berkelana

Nomaden merupakan julukan bagi suatu bangsa atau sekelompok orang yang sering mengembara dan menjalani hidup dengan cara berpindah-pindah. Sejatinya, cara hidup seperti ini sudah ada sejak zaman prasejarah dulu, lho. Lalu, apa alasan masyarakat hidup berkelana?

Alasan Sekelompok Orang yang Hidup Berkelana

Nomaden merupakan sekelompok orang yang tidak memiliki tempat tinggal tetap dan sering berkelana ke berbagai tempat alias berpindah-pindah. 

Pada umumnya, kalangan pengelana akan berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya berdasarkan kepentingan masing-masing dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan. Ada yang pindah karena alasan musim, kondisi lokasi, potensi wilayah, dan lain-lain.

Adapun, alasan sekelompok orang melakukan cara hidup berpindah-pindah sejak zaman pra-sejarah maupun masa sekarang antara lain :

  • Berburu dan Meramu

Cara hidup seperti ini dilakukan oleh masyarakat zaman dahulu untuk bertahan hidup. Mereka hidup mengandalkan sumber daya pangan yang tersedia seperti hasil alam dan hewan-hewan buruan. 

Masyarakatnya melakukan pola perpindahan berdasarkan musim hewan buruan dan pertumbuhan tanaman liar. Mereka akan berpindah ke suatu wilayah dengan potensi hasil buruan melimpah pada musim-musim tertentu.

  • Menggembala

Sebelumnya, masyarakat zaman dulu hanya mengandal hasil alam dan hewan buruan sebagai salah satu cara untuk bertahan hidup. Seiring berjalannya waktu, mereka telah menemukan cara mengembala atau memelihara hewan ternak.

Saat berkelana atau berpindah-pindah, mereka juga membawa hewan ternak mereka untuk ikut serta. Tujuan perpindahan tersebut adalah untuk menemukan ladang penggembalaan ternak yang baru agar ladang yang lama tidak habis dieksploitasi.

  • Berkelana

Layaknya zaman sekarang, zaman dahulu juga terdapat kelompok masyarakat tertentu yang sudah menerapkan cara hidup lebih maju. Meski begitu, mereka tetap berkelana ke berbagai jenis tempat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pada zaman dulu, para pengelana ini terdapat di negara-negara maju yang telah memasuki masa industrialisasi. Tujuan dari berkelana adalah untuk menawarkan barang jualannya di lokasi singgah mereka.

Itu dia macam-macam cara hidup masyarakat zaman dulu yang sering melakukan perpindahan tempat tinggal. Kalau zaman sekarang, orang-orang akan menyebut sekelompok orang yang hidup berkelana dengan istilah musafir.

Baca Artikel Lainnya :

Postingan populer dari blog ini

Orang yang Mengarang Puisi Disebut Apa dan Bagaimana Tipsnya?

Orang yang Diwawancarai Disebut Apa Dalam Dunia Kerja?

Orang yang Membuat Benda-Benda Kerajinan Disebut?

Resep dan Cara Buat Roti Pisang, Mudah dan Lezat!

Resep Nasi Goreng Rumahan 1 Porsi