Selasa, 26 Juli 2022

Urutan Takson yang Paling Tepat untuk Tumbuhan Adalah, Menambah Pengetahuan

 Makhluk hidup termasuk tumbuhan mempunyai jenis yang beragam serta banyak klasifikasi. Dalam ilmu bilogi, klasifikasi tumbuhan dikelompokkan dalam beberapa takson. Lalu apa urutan taksonomi yang paling tepat untuk tumbuhan?

Urutan Takson yang Paling Tepat Untuk Tumbuhan Adalah

Pertanyaan tersebut sering kali muncul saat mulai mendalami ilmu tentang tumbuhan. Untuk lebih lengkapnya akan dirangkum berikut ini.

Urutan Takson yang Paling Tepat Untuk Tumbuhan Adalah

Ilmu yang mempelajari makhluk hidup adalah ilmu taksonomi dimana tumbuhan nantinya akan dikelompokkan dalam urutan takson, yang dipelopori oleh Carolus Linneaus yang dijuluki sebagai bapak taksonomi sampai sekarang. 

Inilah rangkuman urutan takson yang tepat untuk tumbuhan.

1. Kingdom (Kerajaan)

Kingdom adalah urutan teratas dari takson tumbuhan karena mempunyai jumlah takson yang paling banyak dibandingkan dengan takson lainnya. Pengelompokkannya merupakan pengelompokkan paling dasar dan paling besar. Tumbuhan termasuk ke dalam Kingdom Plantae. 

Terdapat pula kingdom lainnya yang mengelompokkan makhluk hidup. Kingdom tersebut adalah Kingdom Animalia (hewan), Kingdom Fungi (jamur), Kingdom Monera (makhluk uniseluler tanpa inti sel/nukleus), Kingdom Protista, dan Kingdom Eukariotik (jaringan sederhana).

2. Divisi atau Phylum (Filum)

Selanjutnya adalah Divisi atau Filum. Untuk tumbuhan, biasa disebut dengan Divisi sedangkan Filum merupakan takson kedua untuk hewan. 

Artinya di sini adalah, setelah digolongkan ke dalam kelompok Kingdom Plantae, maka dari Kingdom Plantae tersebut tumbuhan dibagi menjadi tiga golongan dengan akhiran -phyta.

Tiga golongan tersebut adalah Spermatophyta (tumbuhan berbiji), Pteridophyta (tumbuhan paku) dan Bryophyta (tumbuhan lumut). 

3. Classis (Kelas)

Takson ketiga adalah Classis (Kelas). Kelas merupakan pembagian dari divisi, dimana tumbuh-tumbuhan dikelompokkan lagi berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya. Untuk Kelas, akhiran nama taksonnya berbeda-beda. 

4. Takson Kelas terdiri dari: 

  • Tumbuhan dengan biji tertutup (-edoneae)

Tumbuhan paku (-opsida), contohnya Pteriopsida (paku sejati), Psilopsida (paku purba), Spenopsida (paku ekor kuda) dan Lycopsida (paku kawat).

  • Alga (Phyceae)

Tumbuhan lumut, contohnya Bryopsida (lumut daun), Hepaticosida (lumut hati), dan Anthpcerotopsida (lumut tandak).

5. Ordo (Bangsa)

Ordo adalah takson tumbuhan urutan ke empat yang merupakan hasil pengelompokkan dari takson Kelas. Pengelompokkannya berdasarkan ciri-ciri khusus tumbuhan menjadi beberapa macam Ordo. Penamaan takson Ordo diakhiri dengan -ales.

Macam-macam Ordo tumbuhan diantaranya adalah Dicotylesonease yang mempunyai Ordo Solanales, Cuvurbitales, Poales dan masih banyak lagi. Ada juga yang disebut dengan Rosales, Asterales dan Malvales.

6. Family (Suku/Keluarga)

Setelah Ordo, urutan takson tumbuhan selanjutnya adalah Family. Tentunya Family merupakan turunan dari Ordo. Pengelompokkan takson berdasarkan Family ini juga didasarkan pada ciri-ciri tumbuhan, akan tetapi ciri-cirinya adalah ciri-ciri yang lebih khusus lagi.

Umumnya penamaan untuk Family diberi akhiran -aceace, aceae atau -ae. Contohnya adalah Cucurbitacecae, Malvaceace, Poacecae, Asterceace, Asterceae, Graminae dan masih banyak lagi. 

7. Genus (Marga)

Takson Family dikelompokkan lebih lanjut dalam takson Genus (Marga). Penulisan nama untuk takson genus wajib diawali dengan huruf kapital. Akhiran penamaan dari genus sangat bermacam-macam.

Contoh genus tumbuhan misalnya adalah:
  • Zea (jagung)
  • Triticum (gandum)
  • Oryza (padi-padian)
  • Saccharum (tebu)
  • Species (Spesies/Jenis)
Takson paling rendah dengan pengelompokkan paling dasar adalah Species. Selain itu memiliki banyak kesamaan antara satu dengan yang lainnya. 

Penamaan untuk takson ini terdiri dari dua kata, kata pertama adalah genus yang diawali huruf kapital dan kata kedua adalah spesies ditulis dengan huruf kecil. Penulisannya dimiringkan (italic). 

Contohnya Oryza sativa, Rosa dumalis, Lantana camara, dan masih banyak lagi.

Itulah urutan taksonomi yang paling tepat untuk tumbuhan. Urutan tersebut akan memudahkan dalam mengetahui jenis tumbuhan yang akan diidentifikasi.

Arizal Firmansyah, Pendiri RIZALmedia, sebuah usaha multimedia diantaranya Shooting Video, Fotografi, Kursus Komputer, dll. Baca profil Arizal selengkapnya, klik di sini...

This Is The Newest Post
This Is The Oldest Page

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :